SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Pemakaian masker kain sangat dianjurkan untuk melindungi diri dari paparan virus, khususnya virus Covid-19. Namun, tentu saja tak sembarangan jenis kain yang bisa dibuat menjadi masker. Saat Anda membeli atau memesan masker di tempat jual masker kain, pastikan bahan kain yang digunakannya berkualitas. Sebagai referensi, berikut 5 bahan terbaik untuk dijadikan masker kain.

  1. Katun

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Chicago, katun merupakan tipe kain yang memiliki tingkat penyaringan partikel paling tinggi. Satu lapisan katun dengan TC atau thread count yang tinggi, akan bisa menyaring hingga 80 persen partikel dengan ukuran lebih dari 300 nanometer.

Mengingat banyaknya partikel yang bisa tersaring dengan satu lapisan kain katun, tentu akan lebih baik jika Anda membuatnya menjadi 3 lapisan seperti yang direkomendasikan. Anda juga bisa kombinasikan 1 lapis kain katun dengan 2 lapis kain sutra, yang menurut para peneliti tersebut bisa menyaring partikel hingga 90 persen.

  1. Aglatex

Aglatex atau lebih dikenal sebagai kain scuba, merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran poliester, nilon, dan spandeks. Ciri khas dari kain ini adalah teksturnya tebal dan lembut sehingga membuat Anda merasa nyaman memakainya. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan masker kain, jenis kain satu ini kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat baju diving ataupun olahraga.

  1. Hipolytex

Hipolytex dikenal sebagai tipe kain berbahan tebal, warnanya mengkilap, serta memiliki tekstur lembut di sisi dalamnya. Bagian luarnya sendiri terbilang kuat dan elastis, sehingga menimbulkan kesan rapi. Dengan teksturnya yang lembut tersebut, Anda akan tetap bisa merasa nyaman saat permukaan masker kontak dengan permukaan wajah. Perlindungan pun akan bisa Anda dapati.

  1. Kain Hibrida Kombinasi Kain Katun dan Kain Sifon

Kombinasi antara kain katun dan kain sifon juga dianggap lebih efektif sebagai bahan pembuatan masker kain. Kombinasi dari kedua bahan ini disebut juga sebagai jenis kain hibrida. Dengan mengombinasikan kedua bahan kain ini, maka efisiensi perlindungan atas paparan virus bisa mencapai hingga 80 persen.

Kain sifon sendiri dikenal dengan teksturnya yang licin, ringan, dan halus. Mengingat teksturnya yang tipis ini, maka sangat penting untuk dikombinasikan dengan bahan kain yang relatif tebal seperti kain katun. Masker kain berbahan kain hibrida ini, akan terdiri dari 1 lapis kain katun dan 2 lapis kain sifon.

  1. Kain Hibrida Kombinasi Kain Katun dan Kain Flanel

Jika sebelumnya kain hibrida yang diulas merupakan perpaduan kain katun dan sifon, kain hibrida yang ini merupakan perpaduan kain katun dan flanel. Kain flanel memiliki karakteristik seperti teksturnya yang elastis dan halus, seratnya mudah digunting, serta memiliki ketersediaan warna yang lebih beragam.

Kombinasi antara katun dan flanel, akan bisa menyaring hingga lebih dari 80 persen partikel dengan ukuran kecil dari 300 nanometer. Sedangkan untuk partikel dengan ukuran lebih besar dari 300 nanometer, daya saringnya bisa mencapai lebih dari 90 persen. Anda bisa buat masker kain dengan 1 lapis kain katun dan 2 lapis kain flanel.

Jangan sembarangan membeli dan memesan masker kain di tempat jual masker kain. Anda harus pastikan benar bahan yang dipakai untuk membuat masker kain itu berkualitas, sehingga bisa melindungi diri Anda dari paparan virus COVID-19. Hal lainnya yang tak kalah penting dibanding bahan masker kain adalah pastikan Anda menggunakan masker sesuai dengan anjurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *