SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Vidi Aldiano dikabarkan mengidap kanker ginjal dan sudah melakukan operasi, simak fakta tentang kanker ginjal berikut ini. Penyanyi Vidi Aldiano mengabarkan kondisi kesehatannya lewat akun Instagramnya. Ia menjelaskan bahwa dirinya didiagnosa menderita kanker ginjal.

Kemudian Vidi Aldiano akan menjalani operasi pada hari Jumat, (14/12/2019) lalu. Kanker ginjal terjadi ketika sel sel sehat dalam ginjal tumbuh diluar kendali dan membentuk benjolan atau disebut tumor. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah fakta tentang kanker ginjal yang diderita Vidi Aldiano.

Ada banyak hal faktor yang disebut sebagai penyebab kanker ginjal. Penyebab kanker yang banyak terjadi adalah akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kanker ginjal juga bisa disebabkan oleh penuaan.

Faktor keturunan juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker ginjal ini. Dilansir dari Kidney.org, kanker ginjal adalah penyakit yang menyerang organ ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh sebuah sel di salah satu atau kedua ginjal bertubuh tak terkontrol dan menimbulkan benjolan atau tumor.

Tipe kanker ginjal yang umumnya diderita oleh orang dewasa adalah renal cell carcinoma. Dilansir dari Mayoclinic.org, kanker ginjal akan lebih susah diprediksi pada tahap awal. Biasanya penyakit ini baru bisa diketahui ketika sudah di tahap akhir.

Gejalanya biasanya meliputi kencing darah, rasa sakit di punggung yang tak kunjung sembuh , kehilangan selera makan, berat badan turun dan sering demam. Kanker ginjal bisa menjalar ke organ tubuh lain, bahkan ke otak. Ada bagian pada ginjal yang bernama renal tubules, sebuah bagian yang berbentuk tabung, fungsinya adalah membersihkan darah dan memproduksi urin.

Knker ginjal sering menyerang bagian ini dan jika dibiarkan bisa menjalar ke paru paru, tulang, bahkan bisa sampai ke otak. Kanker ginjal bisa dihindari dengan melakukan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang bisa memicu risiko terjadinya penyakit kanker. Bisa dengan berhenti merokok, memantau berat badan, dan melakukan pengecekkan tekanan darah tinggi untuk mencegah terjadinya kanker ginjal.

Kabar cukup mengejutkan datang dari penyanyiVidi Aldiano. Pelantun lagu "Status Palsu" mengunggah sebuah video pengakuan soal penyakit kanker yang dideritanya dalam beberapa bulan terakhir. "I have cancer.

Mohon doanya, dan mohon maaf apabila selama ini ada salah kata atau perbuatan. I love you guys," tulisVidi Aldianodalam caption unggahan tersebut. Dalam video singkat yang diunggah keInstagrampada siang ini, Jumat (13/12/2019),Vidi Aldianomenjawab rasa penasaran publik soal seringnya ia pergi keSingapura. "Hallo semuanya, mungkin banyak yang nanya dari kemarin beberapa bulan yang lalu kenapa gue sering bolak balik ke Singapura, hari ini gue baru bisa kasih tahu alasannya," ujar Vidi Aldiano yang mengenakan kaus polos berwarna biru gelap dan kacamata berbingkai lebar.

SahabatRossaini juga mengungkapkan kanker yang dideritanya berawal dari kista. "So, dari beberapa bulan yang lalu ada sedikit anomali dalam diri gue, dari Oktober kemarin sebenarnya udah didiagnosa sebenernya. Tadinya awalnya cuma kista, tapi ternyata it turns out menjadi sesuatu yang lain dan baru minggu lalu dapet kabar bahwa gue punya kanker di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue," lanjutnya.

Vidi juga mengungkapkan perjuangannya untuk sembuhkanker ginjalnya ini. Beberapa hari terakhir Vidi juga rutin memeriksakan diri ke dokter diSingapura. Serangkaian pemeriksaan sudah dilakukan oleh Vidi dan keputusan untuk operasi akhirnya diambil.

"Keputusan terbaik sudah diambil, insyaallah hari ini gue akan melaksanakan operasi," jelas Vidi. Rupanya video inio direkam oleh Vidi saat berada di kamar rawat inap rumah sakit. Rencananya Vidi akan dioperasi pada sore ini.

Ia juga meminta doa untuk kesembuhannya itu. "Dengan ini gue mau minta tolong temen temen semua untuk bantu doa, semoga operasinya berjalan dengan lancar, semoga penyakit penyakit yang ada di ginjal gue bisa diangkat hari ini dengan aman," sambung Vidi. Tak hanya minta didoakan untuk kelancaran operasinya, Vidi juga sempat meminta maaf karena terpaksa menunda penampilannya untuk manggung karena setelah operasi masih harus melalui proses recovery.

"I know it's a bit sudden, tapi gue mohon sekali lagi doanya semoga lancar, aman dan cancer yang ada di ginjal bisa diangkat dengan bersih dan bisa sembuh dengan total," pungkas Vidi. Video unggahan Vidi ini mendapatkan berbagai komentar dari rekan sesama artis yang mendoakan kesembuhannya termasuk Bunga Citra Lestari, Luna Maya hingga Tasya Kamila. "i love you @vidialdiano .. Be strong..," tulis Bunga Citra Lestari.

"@vidialdiano i love you ! You're kind and loved by many! Stay strong pray for you," tulis Luna Maya. "Bismillah Bro… Semoga lancar dan Allah mengangkat segala penyakit.. Amin," tulis Luna Maya. "You’re gonna get through this Vidi!! Syafakallah Viiid," tulis Tasya Kamila.

"Semangattttt purrrr… smg smua berjalan lancar!! Semangat!!! GBU," tulis Thalita Latief. "I’m shocked. Nothing but love for you vid.. Gw yakin banyak orang yg sayang dan mendoakan yg terbaik buat lo. in sya Allah segera disembuhkan. Aamiin. Stay strong bro," tulis Rayi Putra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *