SUTON-RADIO

Technology is a Useful Servant But a Dangerous Master

Berikut deretan fakta pemain Persib Bandung, Wander Luiz yang merupakan pemain pertama yang positif terpapar virus corona alias Covid 19. Penyerang andalan Persib Bandung, Wander Luiz mengonfirmasi dirinya telah dinyatakan positif terjangkit virus corona. Kepastian Wander Luiz divonis terkena virus corona telah dikonfirmasi sang pemain melalui akun Instagram pribadinya,

Dalam tayangan video konfirmasinya tersebut, Wander Luiz memberikan keterangan terbaru kondisinya pasca dinyatakan positif corona oleh tim dokter. Walaupun demikian, ia merasa baik baik saja dan tidak merasakan gejala apapun sebelum diinformasikan positif corona. Wander Luiz saat ini juga tengah melakukan isolasi diri sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Pandemi Covid 19 (virus corona) merupakan masalah global yang saat ini dihadapi oleh banyak negara di dunia. Satu diantaranya ialah Indonesia. Merebekanya virus corona membuat sejumlah event olahraga di Tanah Air mengalami kondisi carut marut, sebut saja Liga dan Liga 2.

Kondisi pandemi virus corona membuat PSSI selaku Organisasi induk Sepak Bola Indonesia memutuskan untuk menagguhkan kompetisi hingga batas waktu yang belum ditentukan. Namun langkah tersebut tak membuat pemain aman dari jerat virus yang bersumber dari China itu. Buktinya ialah Wander Luiz merupakan pemain persib bandung menjadi pemain pertama yang saat ini psoitif terpapar virus corona.

Lebih lanjut, ia saat ini dalam kondisi yang baik dan memilih untuk mengisolasikan diri. Usut demi usut, ternyata Wander Luiz sebelum dinyatakan postif virus corona lebih dahulu berpergian untuk liburan ke Pulau Dewata, Bali. Liburan yang dilakukan oleh sejumlah pemain Persib Bandung dibenarkan oleh Rafi Ghani selaku dokter Persib Bandung.

"Pada saat libur ada beberapa yang meninggalkan kota Bandung, saya tidak sebutkan siapa siapanya termasuk pelatih. Sekembalinya disana saya ragu, makannya dilakukan lagi pemeriksaan," terang Rafi seperti yang dilansir dari Diketahuinya Wander Wander Luiz sempat berpergian ke Bali melalui unggahan di instagramnya. Sang pemain kini tengah menjalani isolasi mandiri sekaligus dipantau oleh tim dokter sebagaimana protokol kesehatan dari pemerintah maupun WHO.

Persib menggelar pertandingan Liga 1 melawan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat. Laga tetap digelar dengan melibatkan massa dalam jumlah besar meski sudah diimbau tanpa penonton terkait corona. Dinkes Jabar gelar tes Covid 19 terhadap 10 pemain Persib dan dua ofisial di Graha Persib.

Sepuluh pemain tersebut yakni: Nick Kuipers Victor Igbonefo Geoffrey Castillion Febri Hariyadi Henhen Herdiana Erwin Ramdani Dedi Kusnandar Kim Jeffrey Kurniawan Zalnando Abdul Azis Dr Rafi Ghani (dokter tim) Kuswara S Taryono (komisaris PT PBB) * 17 Maret Geofrey Castillion mudik ke Belanda dan Omid Nazari pulang ke Manila Filipina, sedangkan Wander Luiz berlibur ke Bali.

Pemain lainnya istirahat di rumah masing masing. Hasil tes keluar dan menyatakan 10 pemain dan 2 ofisial yang diperiksa negatif korona. Pemain Persib kembali berlatih setelah libur selama tiga hari. Latihan digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Latihan tertutup untuk bobotoh, tapi masih terbuka untuk wartawan.

Luiz dan Omid sudah kembali berlatih. Pelatih Robert Alberts masih berada di Malaysia. Omid mengaku saat pulang negaranya tengah lockdown. Dokter tim mengklaim kondisi kesehatan Omid baik baik saja sepulang mudik. Castillion kembali ke Bandung dari Belanda. Negaranya itu menjadi salah satu negara pandemi korona.

Dia terjebak di Singapura dan sempat bermalam di sana karena tidak sembarangan bisa masuk ke Indonesia. Castillion kembali berlatih, tapi secara terpisah di Inspire Arena, Lembang. Dia tidak dimainkan menghadapi Bandung United yang berakhir 4 1 untuk kemenangan Persib.

Castillion hanya berlatih ringan didampingi oleh fisioterapis tim. Pelatih Robert Alberts menyebut Castillion sangat kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang. PMI Kota Bandung melakukan penyemprotan disinfektan di Graha Persib, Mes Persib, store, café dan radio.

Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz, kembali melakukan tes covid. Persib mengumumkan satu pemainnya positif Covid 19. Pemain tersebut sekarang dalam kondisi tanpa gejala. Sang pemain juga tengah menjalani isolasi mandiri yang dipantau tim dokter Persib sesuai dengan protokol pemerintah.

Manajemen menyediakan makanan dan kebutuhan sehari hari bagi pemain tersebut. Manajemen siap membantu satgas covid untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracking) Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani mengkonfirmasi bahwa pemainyya itu tak menunjukkan gejala sebelum dipastikan terpapar virus corona.

“Sesuai dengan ijin pasien, dapat saya sampaikan bahwa yang bersangkutan sedang dalam keadaan normal dan tidak menunjukkan gejala apapun," terang Raffi dilansir laman Hal itu pun diamini oleh Wander Luiz dalam video yang diunggahnya dalam akun instagram resmi miliknya. "Halo bototoh, saya sudah mengikuti tes virus corona dan hasilnya saya positif. Saya merasa baik baik saja, tanpa gejala gejala," kata Wander Luiz dalam unggahannya itu.

Dalam unggahan video milik Wander Luiz, didalam kolom komentarnya, banyak pemain yang memberikan dukungan dan semnagat. Pun termasuk Robert Alberts hingga Teja Paku Alam memberikan doa dans emangat bagi pemain yang berposisi sebagai striker tersebut. Dimulai dari Robert Alberts yang memberikan dukungan dan semangat kepada striker andalannya tersebut.

"Anda akan baik baik saja, tetaplah tegar dan menjadi kuat," tulis ungkapan semangat dan dukungan yang diberikan oleh pelatih asal Belanda tersebut. Kemudian terdapat pemain muda Persib Bandung seperti Gian Zola dan Abdul Aziz yang memberikan dukungan yang serupa. Keduanya meminta Wander Luiz tetap semangat dan kuat dalam menjalani kondisi tersebut.

Doa juga diberikan oleh panjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam lewat komentar diunggahan video Wander Luiz. "Ini akan baik baik saja kawan, tetap kuat dan lekas sembuh," doa mantan penjaga gawang Semen Padang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *