SUTON-RADIO

Technology is a Useful Servant But a Dangerous Master

Jagad Twitter telah dihebohkan dengan foto yang diduga Bos Djarum, Michael Bambang Hartono. Michael Bambang Hartono tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2019 versi Forbes. Foto Michael Bambang Hartono pertama kali diunggah oleh akun Twitter @ayudh69 pada Kamis 19 Desember 2019.

Di foto itu, tampak Michael Bambang Hartono yang sedang makan di sebuah warung. Michael Bambang Hartono terlihat begitu menikmati hidangan dari warung Tahu Pong Karangsewu tersebut. Melalui keterangan akun @ayudh69, dituliskan jika orang kaya lebih mementingkan rasa dibandingkan gengsi.

"Yang sok kaya mentingin gengsi, yang kaya beneran mah lebih mentingin rasa," tulis akun @ayudh69. Di foto juga dituliskan jika Michael Bambang Hartono merupakan bos Djarum dan BCA. Dari keterangan foto itu juga diketahui, jika Michael Bambang Hartono merupakan pelanggan di warung tersebut.

"Beliau, customer setia Tahu Pong Karangsaru Semarang….Xie Xie om Hwie Siang (Michael Bambang Hartono) Big Boss Djarum & BCA," tulis keterangan di foto tersebut. Tak ayal, foto itu menjadi viral di media sosial. Hingga kini unggahan tersebut sudah mendapatkan retweet 16 ribu lebih dan 26 ribu like.

Pemilik warung tersebut ialah Izelina Kristanti Thenu. Saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Izelina Kristanti Thenu membenarkan jika foto Michael Bambang Hartono diambil di warungnya. Izelina Kristanti Thenu menyatakan jika Michael Bambang Hartono merupakan pelanggan setia sejak ia berjualan di tenda pinggir jalan.

"Beliau memang telah menjadi customer kami sejak dulu kami masih berjualan di tenda pinggir jalan. Sampai saat ini kami sudah pindah ke depot, beliau masih berkenan mampir," kata Izelina kepada Kompas.com, Jumat 20 Desember 2019. Kemudian saat ditanya kapan pastinya foto Michael Bambang Hartono diambil, Izelina Kristanti Thenu mengaku lupa.

Ternyata Izelina lah yang mengambil foto itu sendiri. "Ingat saya minggu minggu ini, atau paling lama ya minggu lalu. Saya sendiri yang mengambil gambarnya," katanya lagi.

Sebagai pelanggan, Michael Bambang Hartono ternyata juga pernah memberi saran terkait rasa makanan yang kurang sesuai kepada Izelina Kristanti Thenu. Izelina Kristanti Thenu mengaku jika dirinya sering mendengar cerita bahwa Michael Bambang Hartono termasuk orang sederhana meski memiliki kekayaan berlimpah. Ia tak segan untuk menikmati makanan pinggir jalan.

"Sepertinya banyak kuliner sederhana, baik depot maupun warung sederhana yang beliau kunjungi dan jadi langganan beliau loh. Tidak hanya depot saya saja," papar Izelina. "Semoga yang lebih viral adalah keteladanan dari seorang Bapak Bambang Hartono," sambungnya.

Michael Bambang Hartono tercatat sebagai orang terkaya versi Forbes pada tahun 2019. Bersama saudaranya Robert Budi Hartono, Michael Bambang Hartono memiliki kekayaan mencapai 37,3 miliar dollar AS setara dengan Rp 522,2 triliun. Michael Bambang Hartono masuk di daftar orang terkaya Indonesia selama 11 tahun ini dan belum pernah tergantikan.

Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono mendapatkan lebih 80 persen kekayaan dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA). Selain itu keduanya juga memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008, serta sejumlah properti di antaranya pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik. Michael Bambang Hartono juga tercatat sebagai pemilik perusahaan rokok besar di Indonesia, Djarum.

Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono bahu membahu mengibarkan bendera Djarum sampai ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *