SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Masa pandemi COVID-19 ini menjadikan banyak orang harus bekerja dari rumah. Kondisi bekerja di rumah yang lebih leluasa ini menjadikan banyak orang bisa mewujudkan impian mereka untuk tidur siang.

Sesungguhnya tidur siang merupakan hal yang baik dilakukan. Hal ini bisa membantu menghilangkan kantuk, meningkatkan produktivitas serta kreativitas.

Namun, tidur siang yang tidak tepat justru bisa membuatmu bermasalah untuk tidur di malam hari. Hal ini terjadi ketika kamu tidur siang dalam waktu yang terlalu lama.

Untuk mencegah berbagai masalah, tidur siang secara tepat penting untuk dilakukan. Dilansir dari About Health, berikut sejumlah cara yang dapat kamu lakukan agar tidur siang jadi berkualitas.

Pilih Waktu yang Tepat

Tidur siang sangat baik dilakukan pada waktu antara jam 1 hingga jam 3 siang. Pada saat itu tingkat energi di dalam tubuh menjadi sedikit menurun karena munculnya hormon melatonin pada waktu-waktu tersebut.

Cari Situasi Gelap

Lingkungan yang gelap bisa membuat tidur menjadi semakin berkualitas. Jika memang tempat yang kamu pilih untuk tidur terlalu terang, coba tutupi wajah dengan bantal atau gunakan penutup mata.

Jangan Terlalu Lama

Waktu tidur siang yang ideal adalah di bawah 30 menit. Jika tidur terlalu lama, selain dapat mengganggu dan menambah waktu tidur di malam hari juga dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh. Tidur terlalu lama juga membuat tubuh terasa lebih lelah dan mengantuk ketika bangun.

Pilih Tempat yang Tenang

Tidur siang yang berkualitas hanya akan dapat terjadi jika kamu tidak mengalami berbagai gangguan ketika tidur. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memilih tempat yang relatif tenang. Hal ini bisa menurunkan risiko gangguan saat tidur.

Siapkan Alarm

Siapkan alarm untuk memastikan kamu tidak tidur terlalu lama. Selain itu tindakan ini juga dapat digunakan untuk melatih tubuh agar selalu tidur dalam waktu yang tepat ketika tubuh telah terbiasa.

Minum Kopi Sebelum Tidur

Bagi beberapa orang, trik minum kopi sebelum tidur siang ini sangat berhasil dan membuat tidur mereka menjadi lebih berkualitas. Manfaat dari kafein bagi tubuh baru terasa 10 hingga 20 menit setelah diminum. Dengan minum kopi tepat sebelum tidur maka efek kafein tadi akan dapat membantu membangunkan kamu sekaligus membuat tubuh terasa segar.

Sejumlah cara tersebut bisa dipraktikkan untuk membuat tidur siang lebih berkualitas. Tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh lebih segar serta produktivitas tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *