SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Tiga pasar yang dikelola BUMD Pemkot Surabaya, PD Pasar Surya, harus ditutup karena terkonfirmasi covid 19. Setelah pasar grosir PGS dan Pasar Kapasan, kiniPasarKupangGunungditutup. PasarKupangGunungdihentikan operasionalnya karena salah seorang pedagang di pasar tersebut positif terpapar covid 19.

"Mari berdisiplin jaga jarak, wajib cuci tangan, dan bermasker," kata Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya Muhibuddin, Senin (4/6/2020). Salah satu pedagang dinyatakan positif corona. Ini seharusnya menjadi perhatian serius untuk meningkatkan disiplin pedagang dan pengunjung.

Wajib cuci tangan di wastafel yang disediakan PD Pasar. Yang datang ke pasar dari berbagai masyarakat yang tidak diketahui asalnya. Jika ada satu positif bisa menyebar, mereka pasti berinteraksi dan berkerumun.

Tidak dioperasionalkannyaPasarKupangGunungitu diputuskan bersama melalui hasil rapat dengan Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya, PD Pasar Surya, serta Muspika Kecamatan Sawahan bersama LPMK Kelurahan Putat Jaya. Salah satu pedagang dinyatakan positif covid 19 dari hasil rapid test yang dilakukan Puskesmas Banyu Urip. Muhibbudin menyebut rencana penghentian sementara operasional pasar telah disosialisasikan ke pedagang.

Disampaikan bahwa langkah itu dilakukan mengikuti protokol kesehatan penanganan covid 19. Ada sekitar 200 an pedagang di pasar di Kecamatan Sawahan itu, mulai tukang parkir, kuli angkut, dan pekerja lainnya. Mereka menggantungkan ekonomi harian di sana. Wakil Katua DPRD Surabaya Reni Astuti mendesak agar mereka yang Terdampak penutupan pasar ini mendapat bantuan dari pemkot. Apalagi saat ini sudah masuk masa PSBB.

"Pemkot harus memperhatikan kehidupan mereka. Mereka harus masuk warga Terdampak seperti halnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bantuan harus segera diberikan tidak sampai menunggu PSBB berakhir," kata Reni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *