SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Virus corona atau Covid 19 masih terus menyebar dan membawa dampak buruk pada perekonomian dunia. Sejumlah sektor industri yang mengandalkan impor bahan baku dari China ikut terdampak dengan semakin sulitnya mendapat bahan baku. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan untuk mengantisipasi kelangkaan bahan baku pemerintah telah menyiapkan beberapa langkah.

"Bahan baku menjadi perhatian utama pemerintah. Sudah ada beberapa langkah yang sudah disepakati oleh pemerintah agar industri mudah mendapatkan bahan baku," tutur Agus di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Pemerintah berencana melakukan pengurangan biaya untuk perusahaan yang membuka Letter of Credit (LC) baru. Dokumen Letter of Credit (LC) memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri kepada pemesn atau importir dan akan memudahkan pihak pihak yang berada didalamnya.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Kementerian BUMN. Jadi kalau LC menjadi bagian dari struktur cost itu bisa ditekan, itu dia akan berdampak pada lebih rendahnya harga bahan baku yang harus dibayar oleh industri," ungkap Agus. Kebijakan kedua yang disiapkan ialah biaya impor bahan baku industri akan diturunkan. "Kebijakan kedua yang akan menjadi paket kebijakan yang sebentar lagi akan keluar adalah biaya masuk atau impor khusus untuk bahan baku industri akan diturunkan," terangnya.

Mengenai berapa besaran angka pengurangan biaya impor, Menperin belum dapat mengungkapkannya. "Angkanya belum diputuskan, masih akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan. Ini akan berlaku untuk semua industri," jelas Agus. Nantinya kebijakan kebijakan tersebut akan bersifat sementara hingga kondisi kembali normal.

"Ini sifatnya sementara karena kondisinya seperti ini. Tapi ini khusus bahan baku industri ya. Nanti akan ada mekanismenya. Kita akan bicara dengan industri berbagai sektor. Soal detailnya seperti apa, bahan bakunya yang diperlukan berapa," imbuhnya. Kebijakan yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat tersebut akan secara ketat mengawasi prosesnya. "Dalam tanda petik mafia impor tidak akan bisa bermain di sini. Yang kita berikan keringanan ini memang khusus bahan baku industri dan juga untuk LC yang meminta memasukkan bahan baku untuk industri," kata Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *