SUTON-RADIO

Inspirasi Teknologi Terbaru

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu (2/2/2020) pagi, seusai dievakuasi Prajurit TNI menggunakan Maskapai Batik Air. WNI ini akan dikarantina selama 14 hari di Lanud Raden Sadjad Natuna. Pesawat Airbus terlebih dahulu disemprot disinfektan anti virus.

Proses tersebut berlangsung kurang lebih sekitar 10 menit. Setelah itu, dilanjutkan proses evakuasi penurunan penumpang. Bahkan, ratusan WNI saat keluar pintu pesawat juga disemprot disinfektan.

Tak hanya itu, dalam proses evakuasi ini, para WNI mengenakan seragam alat pengaman diri (APD) layaknya pakaian astronot. Proses evakuasi diperkirakan berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Selanjutnya, para WNI diterbangkan menuju Natuna dengan menggunakan tiga unit pesawat evakuasi milik TNI AU berjenis Hercules C130 dan Boeing 737 400.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Wardoyo mengatakan, pihaknya mmepersiapkan tiga pesawat itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Setiap unit pesawat sudah disediakan tenaga medis untuk bersiaga sewaktu waktu. Diberitakan sebelumnya, ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) pagi.

Tampak pesawat maskapai Batik Air mendarat mulus di Bandara Hang Nadim. Terlihat awak media sudah menunggu kedatangan para WNI. Seluruh penumpang pesawat itu turun mengenakan masker.

Semua berjalan cepat sambil membawa koper serta barang bawaan masing masing. Para WNI yang tiba di Batam itu harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu demi menghindari penyebaran virus corona. Jumlah korban meninggal dunia akibat merebaknya virus corona terus bertambah.

Dikutip dari thewuhanvirus.com , virus yang muncul pertama kali di Kota Wuhan, China ini telah menewaskan 304 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari sebelumnya 259 orang pada Sabtu (1/2/2020). Virus yang mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) ini telah menginfeksi sekitar 14.548 orang dari yang sebelumnya 11.921 orang.

Namun, ada 332 orang yang dinyatakan sembuh dari virus ini. Hampir semua kematian terjadi di Hubei, tempat dimana virus tersebut muncul pertama kali di pasar hewan di Wuhan. Virus corona ini memiliki masa inkubasi 14 hari.

Tanda tanda terjangkit virus corona bisa menyebar sebelum gejala muncul. Sejak pertama kali diumumkan pada 31 Desember 2019, virus ini telah menyebar hingga ke 27 negara. Ke 27 negara tersebut, yakni China, Jepang, Thailand, Singapura, Hong Kong, Australia, Korea Selatan, Taiwan.

Jerman, Amerika Serikat, Malaysia, Makau, Perancis, Vietnam, Kanada, Uni Emirat Arab, Italia, serta Rusia. Inggris, Nepal, Kamboja, Spanyol, Piliphina, Finlandia, Swedia, India, dan Sri Lanka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *